Validitas Dan Reliabilitas Instrumen Penilaian Matematika Dengan Problem Solving Berbasis Penskoran Politomus

Penulis

  • Dyah Ayu Fitriana Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, STAI Khozinatul Ulum Blora

Abstrak

Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan instrumen penilaian berbasis penskoran politomus pada pembelajaran matematika. Tujuan dari penelitian adalah untuk mengungkapkan validitas isi, validitas empiris, dan reliabilitas instrumen penilaian berbasis penskoran politomus yang telah disusun sebelumnya. Instrumen yang telah dikembangkan berupa instrumen tes uraian. Analisis validitas isi dari instrumen tes dianalisis dengan menggunakan CVI (Content Validity Index) oleh Aiken. Validitas empiris reliabilitas instrumen tes diestimasi dengan IRT (Item Response Theory). Reliabilitas instrumen tes dilihat dari klasik menggunakan Alpha Cronbach dan secara modern menggunakan fungsi informasi. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa (1) Instrumen penilaian terbukti valid dengan koefisien V Aiken 0,86 dengan grafik ICC yang Excellent. (2) Instrumen tes terbukti realiabel secara klasik dengan nilai 0,83 dan secara modern reliabel digunakan untuk kemampuan peserta didik dengan kategori sedang sampai dengan tinggi (-1,8 sampai dengan +1,8 ) dan INFIT MNSQ sesuai model PCM (Partial Credit Model). Berdasarkan hasil penelitian tersebut maka instrumen penilaian berbasis penskoran politomus layak digunakan.

Kata kunci: validitas isi, validitas empiris, instrumen penilaian, politomus

Unduhan

Diterbitkan

2022-08-05

Terbitan

Bagian

Artikel